Tanaman di Sekitar Kita yang Bermanfaat untuk Mengobati Penyakit


KLIKDONI - Penggunaan tanaman obat sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak ratusan tahun silam. Selain harganya yang murah, tanaman obat ini juga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita. Beberapa jenis tanaman obat tersebut adalah :

Seledri

Orang biasanya mengenal tanaman yang satu ini sebagai penyedap masakan. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami. seledri mengandung berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, mineral, kalium, dan juga zat besi.

Tanaman ini berkhasiat sebagai obat penyakit darah tinggi, mencegah penyakit kanker, dan dijadikan sebagai obat penenang syaraf atau menghilangkan stress. Selain itu seledri juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah. Caranya haluskan seledri dengan sedikit air, kemudian membalurkan pada wajah anda.

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mempunyai khasiat untuk obat penyakit diabetes, sakit gigi dan sariawan. Belimbing wuluh juga ampuh untuk menyembuhkan asma dan batuk, serta bisa mengencerkan dahak.

Bayam Duri

Tanaman obat ini berfungsi sebagai penawar racun dari bisa ular. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pelancar keluarnya ASI, obat bisul dan kutil. Untuk memperlancar ASI anda cukup menghaluskan beberapa helai daun bayam duri dan sedikit air, kemudian balurkan disekitar payudara anda.

Kangkung

Tanaman kangkung berkhasiat sebagai obat sariawan dan gusi berdarah, karena tanaman ini banyak mengandung vitamin C..

Daun Pacar Cina

Tanaman ini bermanfaat untuk obat batuk, bisul, ataupun perut kembung. Daun pacar cina yang dikeringkan bisa juga digunakan untuk menambah aroma teh.

Lidah Buaya

Tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan rambut. Selain itu lidah buaya juga bisa untuk mengobati jerawat, diabetes, sembelit, radang tenggorokan dan beberapa penyakit lainnya.

Temu Lawak

Temu lawak berkhasiat untuk menyembuhkan  berbagai macam penyakit, seperti masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Daun Beluntas

Tanaman ini bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, antara lain pegal linu, rematik, nyeri pinggang, keputihan, perut kembung, serta dapat menurunkan panas. Selain itu daun beluntasjuga ampuh untuk mengatasi bau badan. Anda cukup mengkonsumsi daun beluntas secara rutin, maka anada akan terbebas dari bau badan.

Sambiloto

Tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk obat penurun panas, sakit perut, perut kembung. Juga dipercyaa bisa mnyembuhkan kencing manis dan diabetes. Anda cukup merebus daun sambiloto ini kemudia meminumnya untuk mengobati penyakit diabetes.

Daun Cincau

Ada dua jenis. Daun cincau hitam dan cincau hijau. Selain enak dimakan ternyata daun ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit diabetes, demam, dan tipes.

Akar Alang – Alang

Tanaman ini juga ampuh menyembuhkan penyakit keputihan, panas dalam, dan kencing batu.

Alpukat

Alpukat mempunyai banyak keampuhan, seperti dapat mencegah kanker, obt dari penyakit diabetes, serta dapat menurunkan kolestrol.

Ciplukan

Tanaman ini ampuh menyembuhkan penyakit kanker paru – paru, asma, radang tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya.

Brutowali

Tanaman obat yang satu ini bisa menyembuhkan penyakit malaria, kencing manis, rematik, serta bisa digunakan untuk mengobati luka.

Daun Benalu

Tanaman ini berkhasiat menyembuhkan penyakit tumor, amandel, kencing yang tidak lancer, dan juga gangguan usus.

Biji Mahoni

Tanaman ini banyak sekali tumbuh di pulau Jawa. Selain kayunya yang bermanfaat sebagai bahan baku mebel. Biji dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Tanaman obat ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit rematik, masuk angina, juga bisa menambah nafsu makan.

Kumis Kucing

Kumis kucing berkhasiat untuk mengobati sakit kencing batu, rematik, batuk, diabetes, dan masuk angin.

Daun Dewa

Orang Jawa biasa menyebut tanaman obat ini dengan sebutan daun sambung nyowo. Tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagaimacam penyakit, antar lain wasir, kanker, tekanan darah tinggi. Bahkan daun tanaman ini bisa mentralisir racun, dan mengobati luka. Caranya tinggal menumbuk kemudian membalurkan pada luka yang sakit.

Daun Adas

Tanaman ini banyak mengandung vitamin C. Manfaat dari tanaman ini adalah untuk mengobati sakit mata, sesak nafas, diare, jantung, dan juga mencegah timbulnya kanker.

Jambu Biji

Selainenak, buah ini juga dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah, serta daunnya dipercaya berkhasiat untuk mengobati diare.

Daun Kelor

Daun kelor juga mempunyai manfaat sebagia obat penurun panas dan demam, daun kelor juga bagus untuk menjaga metabolisme tubuh.

Temu Ireng

Tanaman obat ini dipercaya bisa menambah nafsu makan selain itu juga dapat menyembuhkan remati, pegal linu, dan encok.

Jahe

Jahe bisa menyembuhkan sakit asma, sakit tenggorokan, dan masuk angin.

Kunyit

Tanaman obat ini bisa menjadi penawar racun, serta obat dari penyakit leukemia, maag, dan juga bisa menambah produksi ASI.

Lengkuas

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, lengkuas ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain, diare, tumor, dan rematik

Kencur

Tanaman obat ini bisa menyembuhkan sakit kepala, batuk, dan bisa menambah nafsu makan.

Lempuyang

Tanaman obat ini dikenal orang sebagai pelangsing tubuh, selain itu lempuyang juga dipercaya sebagai obat kanker, diare, dan juga penambah nafsu makan.

 

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar